Minggu, 08 Januari 2012

Pelajaran-6: Cara Mempromosikan Website

Pada dasarnya menjalankan bisnis lewat internet itu secara konsep sangat mudah. Walaupun demikian dalam praktek, ada banyak hal yang harus anda lakukan. Nah, biasanya, kegagalan kebanyakan pebisnis adalah: tidak melakukannya!
Secara teoritis, untuk berbisnis, yang perlu kita lakukan hanya:
1. Punya produk/jasa/layanan untuk kita bisniskan.
Dengan kata lain, anda harus punya web sendiri atau web affiliate atau web replika yang bisa memberikan penghasilan atau komisi.
2. Datangkan calon-pembeli untuk melihat produk/bisnis tsb, sehingga ketika ada transaksi di web kita, penghasilan kita pun masuk.
Nah, mendatangkan calon pembeli inilah yang jadi masalah ya ‘kan?
Tak ada cara lain, anda harus belajar DAN PRAKTEK bagaimana mendatangkan pembeli ini. Yang harus kita kuasai memang adalah wawasan dan ketrampilan dalam INTERNET MARKETING.
Secara singkat saja, secara garis besar, ada 2 pilihan yang bisa anda pilih:
  • Cara Cepat
    Langkah yang paling cepat mendatangkan calon-pembeli ke website bisnis kita adalah dengan cara PASANG IKLAN. Untuk itu, anda harus bersedia mengeluarkan biaya iklan yang cukup, agar calon-pembeli produk anda berdatangan. Teknik yang PALING HEBAT yang perlu dikuasai adalah Strategi PPC Advertising, antara lain Google Adwords. Selain itu, juga menggunakan LIST MEMBER bisa lah kita golongkan pada cara cepat ini (asalkan list member nya tertarget dan cukup signifikan).
  • Cara Lambat
    Melangkah perlahan, tapi pasti (cenderung stabil). “Slow but sure”. Jika anda memilih cara ini, maka salah satu teknik yang harus dikuasai adalah teknik SEO (search engine optimation).
Langkah mana yang akan anda tempuh?
Apapun langkah yang anda pilih, saran saya, lakukan RISET KEYWORD dengan TELITI. Jangan pernah bosan untuk meneliti dan memilih keyword-keyword yang potensial mendatangkan targeted-traffic ke website anda.
Khususnya jika anda mencoba mendatangkan calon-pembeli itu lewat strategi SEO ataupun Iklan di Google Adwords.
Bagi saya, keyword itu ibarat TERMINAL KEDATANGAN. Keyword apa yang membuat seseorang datang ke website kita? Keyword apa yang mendatangkan PEMBELI produk anda. Itulah kunci bisnis online. Dan ini hanya bisa anda ketahui dengan pasti setelah anda melakukan RISET.
Tapi lain halnya kalau anda memiliki memasang iklan di situs-situs iklan lokal. Agaknya riset keyword nggak terlalu dibutuhkan. Sebab, iklan-iklan yang tampil bukan dipicu oleh keyword.
Karena itu, khusus untuk Memasang Iklan Lokal, agaknya strategi yang paling penting adalah PANDAI-PANDAI lah membuat teks iklan yang menarik-pengunjung. Walau memang, dampaknya bisa jadi uang untuk pasang iklan jadi lumayan besar.
Bagaimana Dengan Iklan Gratis? Maaf, saya tidak terlalu merekomendasikan penggunaan iklan gratis, baik iklan lokal ataupun iklan global.
Bukan berarti tak akan ada hasilnya. Saya kira, jika mau bekerja keras, pasti ada saja hasilnya. Namun, butuh extra kerja keras dan daya tahan yang lumayan tinggi untuk melakukan pilihan ini. Sementara hasilnya belum tentu menguntungkan.
Pasang iklan gratis, bukanlah cara kerja marketer sukses. Kalau tetap mau memasang iklan, gunakan iklan berbayar, insyaAllah ada hasilnya, dan biasanya hasilnya bisa langsung dinikmati.
Penjelasan Tentang  Cara Yang Pertama (Cara Cepat)
Untuk tujuan secepat mungkin dapat duit, pilihan memasang iklan pastilah sangat menarik. Betapa tidak, hari ini kita join affiliate, lalu langsung iklankan, hari itu atau besoknya, kita sudah langsung dapat duit.
Sesederhana itu memang. Masalahnya hanya, apakah kita MAHIR dalam memasang iklan, terutama memasang iklan di Google Adwords. Ini jelas tidak terlalu mudah.  Perlu pengamatan yang tajam dan riset yang benar.
Iklan di Google memang paling bagus, sebab disana kita BISA memastikan TARGET PENGUNJUNG KITA SESUAI dengan bisnis atau produk kita. Jadi nggak sembarang orang yang datang, melainkan benar-benar CALON PEMBELI yang kita bidik.
Tapi tetap saja, ini tidak mudah. Perlu ILMU GIMANA CARA melakukan RISET agar yang datang benar-benar pembeli tertarget, dan biaya iklan bisa murah.
Karena itu, kalau tetap mau NGOTOT pasang iklan di Google Adwords, saya sarankan sebaiknya anda baca dulu panduan beriklan di adwords yang ditulis oleh para praktisi yang memang menguasai ADWORDS.  Supaya jangan sampai, anda kehilangan banyak uang, gara-gara asal pasang iklan saja.
Saya sendiri, masih belum sempat membuat tutorial Google Adwords ini. InsyaAllah suatu waktu, kalau sudah ada, akan saya bagikan kepada anda ya.
Akan tetapi jika anda hanya ingin tahu saja, sekedar perkenalan, anda bisa download panduan berikut ini. Klik Disini! Mudah-mudahan lewat panduan singkat itu bisa memberikan sedikit gambaran buat anda ya ….
Sementara bagi anda yang kebetulan sudah jadi member Asian Brain, saya kira panduan Google Adwords dan Tools-Tools yang disediakan disana, jelas sudah amat lengkap. Jadi tinggal anda praktekkan saja.
Cara Kedua, Optimasi Web lewat SEO
Kalau anda mau cara lambat dan gratis tapi hasilnya lebih pasti, dan sekaligus membangun bisnis yang stabil, yaitu bisnis yang pengunjung/pembeli produk/bisnis anda berasal dari search-engine, seperti Google, maka saya sarankan anda segera kuasai teknik-teknik optimasi website lewat SEO.
Mendatangkan pengunjung/pembeli lewat SEO (search engine optimization), selain GRATIS, juga hasilnya bersifat jangka panjang.
Gimana caranya?
Ya, anda harus membangun website sendiri yang akan anda gunakan untuk menjual LINK AFFILIATE bisnis/produk anda.
Dalam hal ini, yang saya sarankan adalah membangun BLOG BISNIS. Seorang pemula sekalipun pasti bisa membuat blog. Sangat sederhana, tidak dibutuhkan kemampuan pemrograman sama sekali.
Nah, blog inilah yang kita gunakan sebagai ALAT kita menjual produk/affiliate-bisnis kita. Blog ini kita bangun, kita rawat, kita kelola dengan melakukan teknik-teknik tertentu, agar kemudian mampu mendatangkan TRAFFIC GRATIS dari mesin pencari atau dari Google.
Nah tentu saja, membangun blog bisnis seperti itu memerlukan WAKTU. Anda nggak bisa berharap, hari ini bikin blog lalu besok pengunjung sudah banyak. Itu tidak mungkin, kecuali anda punya list-member yang banyak, atau lewat iklan.
Apapun pilihan strategi yang mau anda lakukan, silakan sesuaikan dengan kemampuan anda. Menurut saya pribadi, lakukan dengan kedua langkah itu. Pasang iklan okey, bangun blog bisnis dengan SEO juga okey.
BLOG BISNIS BEDA DENGAN BLOG PERSONAL
Sekarang mari kita mulai membangun blog bisnis. Namun, sebelum kita lanjutkan, saya ingin mengingatkan bahwa membangun blog bisnis beda dengan blog personal.
Ingat, di mindset kita, harus ditanamkan keyakinan bahwa membangun sebuah blog bisnis, sama persis dengan MEMBANGUN PERUSAHAAN. Di blog inilah bisnis ini kita jalankan. Sebab itu, lupakan cara-cara anda membuat blog selama ini.
Anda sekarang harus ubah ke mindset bahwa ADA TUJUAN dari setiap halaman blog yang anda buat. Bukan cuma curhat! Ada goal.
Prinsip UTAMA dari sebuah blog bisnis yang perlu anda kuasai adalah:
SETIAP HALAMAN BLOG = HALAMAN SALES LETTER = HALAMAN PENJUALAN
Maksudnya, kita harus memperlakukan setiap halaman blog itu sebagai outlet bisnis anda. Setiap halaman perlu kita optimasi secara sungguh-sungguh.
Target anda pada setiap halaman blog nantinya adalah:
- satu halaman = satu niche = satu pangsa pasar
- optimalkan penjualan produk/bisnis anda di setiap halaman blog
- setiap halaman harus ditarget berada di halaman 1 Google untuk pangsa pasar (keyword) yang ditarget
Ingat riset keyword? Sekaranglah waktunya anda cek ulang kembali golden-keyword yang sudah anda pilih.
- apakah sudah mantap?
- apakah cukup banyak? (usahakan minimal 20 golden-keyword)
Nantinya, pada blog yang kita bangun, yang akan kita buat adalah:
setiap 1 keyword = 1 halaman artikel = 1 pangsa pasar
Apa artinya? Ya, betul … anda harus buat minimal 20 artikel
Jadi sebelum kita benar-benar bangun blog, kerja paling penting saat ini adalah MEMBUAT ARTIKEL atau membuat BROSUR sesuai dengan golden-keyword yang anda pilih. Itu dia! Termasuk juga dengan gambar/image yang mendukung artikel tersebut.
Jika misalnya anda bikin toko online, maka berarti anda membuat 1 halaman = 1 produk. Artikelnya bisa merupakan “sales letter” atau brosur dari produk itu, review tentang produk, ataupun info produk. Jangan lupa juga siapkan image/gambar nya.
Misalnya, jika bisnis utama anda tentang notebook-bekas maka berarti halaman-halaman yang lainnya adalah produk-produk yang terkait dengan notebook bekas itu, yang anda peroleh datanya berdasarkan riset keyword. Bisa mungkin merek notebook yang berbeda, atau aksesori lain dari notebook itu.
Untuk setiap 1 halaman = 1 produk.
Bagaimana kalau anda tidak pandai menulis? Jangan terlalu dikhawatirkan skill menulis anda. Anda bisa minta bantuan mesin pencari google untuk memberikan ide-ide artikel sesuai keyword yang anda bidik. Cukup anda ramu/asembling dari beberapa artikel itu, menjadi artikel pendek anda. Gak usah panjang, cukup 300 – 400 kata saja.
Siap?
TUGAS ANDA
Okey, inilah tugas-tugas yang harus anda kerjakan dengan benar dan teliti.
1. Teliti kembali golden-keyword yang anda pilih. Usahakan golden-keyword anda = buying keyword, yaitu keyword yang diketik oleh seorang pembeli (bukan keyword orang nyari informasi maksud saya)
2. Pastikan golden keyword anda itu memiliki jumlah pencari cukup banyak, dengan jumlah pesaing relatif sedikit
3. Buatlah artikel untuk setiap keyword. Usahakan minimal ada 20 artikel. Gunakan perpustakaan internet untuk membantu anda. Tapi harap ingat, jangan copy paste artikel orang lain, sebab selain tidak etis, Google tidak suka dengan duplikat artikel yang sama di internet. Jadi anda akan rugi. Sebaiknya pakai sistem meramu-naskah (asembling).
4. Siapkan juga gambar/image yang sesuai dengan isi masing-masing artikel anda. Gunakan free image (gambar gratis) yang ada di internet.
Baik artikel maupun gambar itu, nggak usah dimasukkan dulu ke blog. Cukup simpan aja di komputer anda. Ntar tunggu panduan berikutnya.
Salam hangat,
Nilna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar